PPDB REGULER TP. 2017/2018


pada tanggal 2017-06-11

Tempat : SMA NEGERI 1 BUMIAYU

Keterangan : JADWAL PPDB ONLINE (REGULAR) SMA NEGERI 1 BUMIAYU TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018 a. Pendaftaran Online Mandiri : 11 - 14 Juni 2017 b. Pendaftaran Online lewat Satuan Pendidikan :12 - 14 Juni 2017 c. Verifikasi Berkas : 12 - 14 Juni 2017 d. Batas Akhir Pencabutan Berkas : 14 Juni 2017 Pukul 10.00 WIB e. Analisis dan Penyusunan Peringkat : 16 -17 Juni 2017 f. Pengumuman :19 Juni 2017 (Selambat-lambatnya Pukul 23.55 WIB)

Username
Password
security image
Apakah Website sekolah ini bagus ?
Bagus sekali
Bagus
Kurang Bagus
Tidak Bagus
 
910649 Total Hits Halaman
89175 Total Pengunjung
233 Hits Hari Ini
117 Pengunjung Hari Ini
2 Pengunjung Online

LEARNING CAMP SMA NEGERI 1 BUMIAYU

Diposting pada: 2016-10-21, oleh : OSIS SMAN1 BUMIAYU, Kategori: Kegiatan Siswa

Puji syukur kehadirat Allah SWT, atas segala nikmatnya kegiatan learning camp SMA NEGERI 1 Bumiayu berjalan dengan lancar.Kegiatan ini diadakan oleh kerjasama antara Osis seksi bidang KTTYME  dengan Rohis. Kegiatan ini dibuka oleh Bapak Nur Alamsyah M.pd. selaku pembina Osis,dan Bapak Drs. H.Komarudin selaku pembina Rohis.Dengan Harapan setelah mengikuti learning camp ini bisa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT

Learning Camp merupakan suatu kegiatan yang sangat positif untuk dilakukan dalam rangka membentuk karakter islami pada siswa di sekolah. Melalui kegiatan Learning Camp pula dapat membina akhlakul karimah diantara para siswa, memperkenalkan kepada siswa untuk menjadikan masjid sebagai wadah mempersatukan umat serta memberikan pendidikan agama islam sejak dini kepada siswa untuk membentengi akhlak dan moralnya agar tidak terpengaruh pada budaya global yang negatif.

Learning Camp dianggap sebagai suatu investasi di dunia maupun di akhirat bagi siswa, orang tua maupun guru. Bagi siswa, melalui kegiatan learning camp maka siswa akan dituntut mempelajari agama islam seperti membaca dan menghafal surat-surat Al Qur’an, berdoa, dan lain-lain. Bagi orang tua, melalui kegiatan learning camp maka akan membantu mereka dalam mendidik anaknya membentuk karakter yang islami, menjadikan anak-anaknya menjadi anak yang shalih dan shalihah yang senantiasa mendoakan mereka. Bagi guru, melalui kegiatan learning camp maka akan menjadi suatu kerja sosial (ibadah) yang akan mendapatkan balasan pahala dari Allah SWT jika dilandasi dengan penuh keikhlasan.

Learning camp sendiri  merupakan sarana pembelajaran untuk menumbuhkan karakter siswa dan siswi SMA NEGERI 1 Bumiayu khususnya anggota Rohis. Kegiatan tersebut diadakan pada tanggal 8-9 oktober 2016 yang bertempat di SMA Negeri 1 Bumiayu.Kegiatan ini diikuti oleh  144 ahwat dan ikhwan anggota Rohis. Adapun acara kegiatan yang dilakukan di dalam learning camp tersebut antara lain :

 

  1. Tadarus Al Qur’an

            Tadarus Al Quran dilaksanakan di aula dengan bimbingan guru serta tutor sebaya. Tutor sebaya ini adalah teman-teman mereka sendiri yang memang memiliki kemampuan lebih di bidang membaca Al Qur’an. Dengan tadarus Al Qur’an maka siswa akan dilatih agar terbiasa membaca Al Qur’an. Membaca Al Qur’an merupakan sebuah amalan mulia yang dapat mencerahkan lahir batin, sebagai syafaat di hari kiamat, menghindarkan azab kubur dan mendapat petunjuk serta pertolongan dari Allah SWT.

  1. Lomba Adzan

            Dengan adanya lomba adzan ini maka siswa dilatih untuk memahami dan mampu mempraktekkan adzan dan menjadi bilal yang baik. Adzan marupakan seruan perintah Allah SWT sebagai pertanda datangnya waktu shalat kepada seluruh umat islam. Seluruh ikhwan wajib mengikuti lomba adzan ini dan pelaksanaannya bertempat di ruang kelas.

  1. Lomba Kaligrafi

            Lomba kaligrafi dilakukan untuk mengelaborasi kemampuan siswa dalam membuat tulisan indah bentuk Arab sehingga jiwa seninya muncul. Ini adalah seni rupa islam yang merupakan seni menulis indah dengan pena untuk merangkai tulisan Arab.

 

 

  1. Hafidz Qur’an

            Lomba hafidz Al Qur’an ini dilaksanakan untuk membiasakan siswa menghafal Al Qur’an. Siswa akan menjadi termotivasi untuk menunjukkan kemampuannya dalam menghafal Al Qur’an dan mendorong siswa yang lain agar terus meningkatkan kemampuannya dalam menghafal Al Qur’an.

  1. Renungan Malam

            Kegiatan ini dilaksanakan di Aula sehabis sholat Tahajud, kegiatan ini diawali dengan ceramah yang dibawakan oleh pembina rohis Drs H Komarudin tentang agama islam.

Kemudian diisi oleh kakak kelas yang membawakan tentang perjuangan seorang ibu agar siswa sadar perilaku yang telah diperbuat kepada ibunya.

Kegiatan ini bertujuan agar bisa merenungi sikap yang pernah diperbuat kepada ibunya dan agar siswa lebih menghormati kedua orang tuanya dan betapa pentingya orang tua dalam kehidupan kita.

  1. Tadabur Alam

            Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan agar siswa lebih mencintai alam ciptaan Alloh SWT dan bisa menumbuhkan sikap saling bekerjasama.

Kegiatan ini betempat disekitar desa Talok, di dalam kegiatan ini terdapat beberapa pos diantaranya adalah Yel-yel,Tajwid,Doa-doa,dan kekompakan kelompok dalam bekerja sama.

  1. Illaliqo/ Salam-salaman

            Para siswa diajarkan agar setiap bertemu guru maupun orang tua agar tetap menunjukan kesopanannya ketika bertemu dimanapun dengan murah seyum serta mengucap salam.

 

 

            Demikianlah artikel tentang “Membentuk karakter islami siswa melalui kegiatan learning camp di sekolah”. Dan Semoga artikel yang sederhana ini bisa menambah pengetahuan dan dapat bermanfaat. Aamiin.


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini